Mobile Menu

navigasi

More News

Melegakan, Bpbd: Tidak Ada Kerusakan Dampak Gempa Bumi Di Meulaboh Aceh Barat - Koran-jakarta.com

April 26, 2022

Meulaboh - Badan Penangglangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan sampai Selasa malam, pihaknya tidak menemukan adanya laporan kerusakan terkait gempa bumi yang melanda wilayah Kota Meulaboh, makkota Kabupaten Aceh Barat pada Selasa sore jelang petang sekira pukul 18.04 WIB mengbeasiswa gunakan magnitudo lima,2.

"Alhamdulillah, sampai ketika ini kami belum menerima adanya laporan kerusakan terkait gempa bumi yang terjadi sore tadi," istilah Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat DR Mukhtaruddin di Meulaboh, Selasa jelang tengah malam.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, & Geofisika (BMKG) merilis data gempa bumi yang terjadi pada wilayah pantai barat daya Kota Meulaboh, Aceh yang diguncang gempa tektonik menggunakan magnitude lima,dua.

Episenter gempa bumi tersebut terletak dalam koordinat tiga,97° LU ; 95,96° BT, atau tepatnya berlokasi pada laut dalam jeda 31 Km arah Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh dalam kedalaman 70 km.

Mukhtaruddin menambahkan, meski belum menemukan laporan kerusakan, namun pihaknya masih terus melakukan komunikasi menggunakan sejumlah petugas dan pihak terkait, guna memastikan kondisi terkini.

Ia pula mengungkapkan, ketika gempa bumi terjadi juga nir terdapat korban jiwa atau kepanikan pada masyarakat Aceh Barat.

"Alhamdulillah tidak ada kepanikan, rakyat masih berada pada tempat tinggalmasing-masing," istilah Mukhtaruddin.

Sementara itu, prakirawati BMKG Stasiun Meulaboh-Nagan Raya, Mira dalam liputan tertulis mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di wilayah pantai barat Meulaboh, bunda kota Kabupaten Aceh Barat merupakan jenis gempa bumi dangkal dampak adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme asal menunjukkan bahwa gempa bumi mempunyai prosedur konvoi naik (thrust fault)," tulisnya.

Ia pula mengungkapkan, gempa bumi ini berdampak & dirasakan di wilayah Meulaboh menggunakan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan konkret dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ) & wilayah Banda Aceh menggunakan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

"Terasa getaran seakan akan truk berlalu, output pemodelan menampakan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Mira.

BMKG jua mengimbau rakyat agar permanen hening dan tidak terpengaruh sang info yang nir bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar